October 19, 2008

Negeri Terjajah

Tepat tanggal 17 Agustus, 63 Tahun yang lalu, Negara saya yang bernama Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Selama 63 tahun rakyat Indonesia merasa bahwa mereka telah sepenuhnya merdeka, dan bukan Negara terjajah atau Negara yang dikuasai dan diatur oleh Negara lain.

Kata “ Merdeka” menurut kamus besar bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh balai pustaka tahun 1990 diartikan sebagai kata yang memiliki makna: tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu. Mencermati makna dari kata merdeka yang ada didalam Kamus, saya jadi bertanya apakah Indonesia bisa disebut merdeka. Apakah benar Negara saya ini tidak bergantung pada pihak tertentu.

Saya rasa Negara saya ini belum sepenuhnya merdeka, mungkin banyak orang lain yang berfikir hal serupa dengan saya. Saya ambil contoh: Saat saya mendengarkan dosen menerangkan materi kuliah, saya sangat bergantung kepada Negara Jepang, karena di Jepanglah OHP yang digunakan dosen dibuat, jika OHP tersebut rusak maka saya tidak bisa kuliah dengan baik. Jadi bisa disimpulkan bahwa kuliah saya yang jauh dari Jepang tetap bergantung kepada Jepang. Contoh berikutnya mungkin pada hal yang lebih global, baru-baru ini bangkrutnya salah satu Bank terbesar di USA, membuat Negara adi kuasa itu mengalami krisis ekonomi. Seharusnya keadaan Negara kita tidak sedikitpun terusik dengan keadaan Negara yang mengklaim sebagai polisi dunia itu, tapi apa daya Negara kecil seperti Indonesia, krisis ekonomi Amerika ternyata berpengaruh terhadap nilai tukar rupiah terhadap US Dollar, dan tentunya stabilitas ekonomi Indonesia ikut terancam.

Apa boleh buat selama ini Indonesia masih menjadi negri terjajah, yang belum bisa berdiri sendiri, yang tentu saja tidak pantas disebut merdeka, bukahkah kemerdekaan ini perlu kita isi dengan karya-karya bukan hanya merayakannya dengan makan kerupuk, atau memasukan paku kedalam botol. Bukankah botol itu juga bukan buatan negara kita, tidakkah kita berfikir merayakan Kemerdekaan saja kita bergantung pada produk luar negeri.

No comments: