October 22, 2008

Dunia di baLik Cermin


Dulu saat saya masih duduk di kelas satu SMP, guru fisika saya Bu Dina menjelaskan mengapa tulisan AMBULANCE di tulis terbalik, ternyata tulisan itu dibuat agar bisa dilihat dengan cermin secara sempurna. Apa yang terlihat di depan cermin selalu tampak terbalik dengan wujud aslinya.

Lalu apa jadinya dunia di balik cermin?, dunia yang merupakan refleksi dari dunia nyata dengan berbagai macam kehidupan. Setiap harinya dunia semacam ini selalu diawali dengan terbitnya matahari di ufuk barat, dan di akhiri dengan terbenamnya matahari di sebelah timur.


Di setiap sudut kota tampak bayi-bayi menggendong kakek dan nenek. Para kakek dan Nenek hanya bisa menangis untuk mengutarakan keinginan mereka, sedangkan para balita sibuk merapihkan kerah kemeja dan letak dasi mereka, mereka bersiap kerja mencari nafkah untuk makan orang-orang tua. Di akhir pekan, di suatu taman kota tampak para balita itu menggandeng tangan orang tua mereka dengan tangan kanan, sedangkan di tangan lainnya tampak sebuah balon gas yang yang telah mereka belikan untuk orang tua dan kakek nenek mereka. Tampak di jalan raya kendaraan bermotor yang jumlahnya puluhan berjalan mundur, seorang bayi merah tampak mengayuh sepeda ontel nya berjalan ke belakang.

Didunia cermin ini setiap pemimpin Negara memilih siapa saja rakyat yang akan dipimpinnya. Setiap aparatur negara melakukan kejahatan seperti melanggar lalu lintas, berjudi dan membunuh, para pelaku kejahatan tersebut akan ditangkap oleh preman-preman dan gank-gank untuk kemudian diproses hukum.

Di dalam sekolah yang terdapat di dunia cermin, tampak di setiap kelas, murid-murid menjelaskan bagaimana cara mengajar yang baik kepada guru-guru. Para siswa itu kemudian memeriksa PR dari guru-guru untuk kemudian menilai PR tersebut, di ruangan gudang tampak kepala sekolah sedang membilas kain pel bekas membersihkan pekarangan sekolah.

Didalam ruangan rumah sakit tamapak seorang balita yang bekerja sebagai dokter sedang mendengarkan pasien yang berumur 2 tahun. Pasien tersebut menjelaskan mengapa panckreas pasien tidak lagi memproduksi insulin dengan jumlah cukup.

Dalam dunia cermin ini semua hal yang terjadi merupakan refleksi dari keadaan sebenarnya yang terjadi di dunia nyata, kiri menjadi kanan, benar menjadi salah, tua menjadi muda.

No comments: