May 7, 2010

Kenapa Gambir...

Perlahan namun pasti kereta ini mulai melaju, membawa saya dan ratusan orang lainnya pergi menjauh dari stasiun bernuansa hijau yang orang-orang kenal dengan nama Gambir. Dari dulu saya selalu bertanya kenapa dinamakan Gambir? Apakah arti dari Gambir? Nama pahlawan kah? nama buah buahan kah? Sayur kah? atau bahkan nama seorang penyanyi melayu berambut kribo yang biasa tampil dengan pakaian beraneka warna ala laskar pelangi dan terbiasa menghibur para tentara Pembela Tanah Air yang kemudian melakukan aksi Heroic dengan melakukan aksi bom bunuh diri di daerah stasiun kereta bernuansa hijau tersebut kini berdiri.

Tapi untuk apa pula saya pikirkan, toh tidak akan ada soal ujian yang menanyakan hal itu. Jika saya mati nanti pun saya yakin malaikat tidak akan menanyakan kenapa stasiun kereta yang dibangun di tengah jalan dekat monas yang entah kenapa bernuansa hijau itu dinamakan gambir.

No comments: