July 31, 2012

Bismillah...

Pernah suatu hari seorang teman menyemangati saya
"Kalau kamu ga mau lakuin buat diri kamu pu, lakukan buat mamah, lakukan buat orang-orang yang sayang sama kamu"
Saat itu saya tidak terlalu mendengarkan nasihat teman saya itu, karena memang dari dulu saya paling malas dinasihati. apalagi didikte atau diberitahu apa yang harus dilakukan, waktu itu kalau tidak salah sambil beranjak pergi saya berkata ringan kepada teman saya 
"Iya nanti-nanti lah.."

Tapi entah kenapa seminggu lalu tepatnya setelah saya selesai menonton Batman, nasihat itu kembali terngiang. Seperti menagih janji untuk ditepati. Mungkin kalau di ibaratkan hantu, si nasihat itu serupa seekor pocong yang bangkit dari kubur untuk menagih janjinya pada saya, karena saya sudah mengubur dia hidup-hidup.

Jujur nasihat tersebut kembali terngiang setelah saya mendengar dialog Batman yang menasihati seorang polisi, saat itu kalau tdaik salah dialognya "Topeng ini bukan untuk menutupi siapa diri kita sebenarnya, tapi untuk melindungi orang-orang yang kita sayangi dan menyayangi kita" 

Saya selalu yakin walaupun saya tidak menonton Batman saat itu nasihat tersebut tetap akan teringatkan dalam potongan-potongan peristiwa lainnya. Mungkin di jalan saya melihat seorang anak kecil yang berbagi kepingan sari roti, atau mungkin nasihat itu kembali terngiang saat saya melihat seorang waria dengan tulus memberikan senyuman kepada pria tambun dengan motor honda matic berwarna biru. Bisa apa saja..

Mungkin memang sudah saatnya saya mulai menyayangi orang-orang di sekitar saya yang terlalu sering saya paksa untuk menyesuaikan diri. Mungkin sudah saatnya saya melakukan sesuatu untuk kepentingan orang lain. Mungkin sudah saatnya saya membungkus egoisme dan menggantinya dengan empati.

Bismillah..




No comments: