July 31, 2010

Alangkah Lucunya Negeri Ini


Sebetulnya sudah lama saya menonton film ini, tapi baru sekarang saya mau menulis komentar tentang film ini, Jangan tanya kenapa, karena kamu mungkin tidak ingin tahu, Mungkin kamu ingin tahu, tapi tetap saja saya tidak akan bercerita kenapa.

Film yang katanya disutradarai Sang Legendaris Naga Bonar ini bercerita tentang perilaku-perilaku orang Indonesia, tentunya tidak semua orang Indonesia seperti itu tapi mostly memang seperti itu atau minimal menyerupai perilaku-perilaku orang dalam pilem tersebut. Ada seorang sarjana ekonomi yang rela menggadaikan keimanannya untuk memanfaatkan uang haram. Ada seorang anak ustadz yang menggantungkan harapan lewat kuis-kuis televisi. Ada seorang sarjana pendidikan yang putus asa karena tidak juga bisa menjadi seorang guru dan akhirnya hanya berjudi dengan harapan akan kaya. Ada kumpulan anak yang terpaksa mencopet hanya karena tidak bisa sekolah dan butuh makan.

Semua tentang orang-orang kecil yang memang menjadi mayoritas di Indonesia, bagaimana mereka berjuang dan gagal, sampai akhirnya menggadaikan idealisme demi secarik kertas bertuliskan angka nominal bermerk Rupiah. Bagaimana orang-orang itu berjuang mati-matian demi sepiring nasi putih ditambah lauk pauk dan segelas air putih. Sedangkan dibagian kota lain para pejabat sibuk memperkaya diri, duduk nyaman di dalam mobil mewah seharga ribuan piring nasi plus lauk pauk seadanya.

Menonton film ini akan membuat kita sedikit merenung tentang bagaimana lucunya negeri kita, bagaimana negeri yang kita cintai ini semakin menyerupai hutan, hukum rimba dimana-mana, yang kuat menindas yang lemah, yang hebat tidak lagi melindungi yang tertindas. Alangkah Lucunya Negeri Ini....



No comments: