March 17, 2009

fokus...

Akhirnya di bulan ketiga tahun 2009 ini saya berhasil memposting sebuah tulisan kedalam blog saya ini, entah kenapa sampai hari ini baru satu tulisan yang saya mampu buat, padahal bulan-bulan sebelumnya mungkin pada tengah bulan saja saya sudah menulis lebih dari setengah lusin buah pikiran.

Sepertinya selama sebulan ini pikiran saya terlalu melanglang buana memikirkan banyak hal, sehingga terlalu banyak hal yang ingin saya tulis dalam blog, langit hari ini, ironisme kehidupan, menyelami ibu kota, dunia tanpa aparat, dan ide-ide bodoh lain yang ingin saya bagi dalam blog ini, tetapi karena luapan ide yang terkadang membutakan logika membuat saya tidak fokus pada satu tulisan tertentu sampai akhirnya tidak menulis apapun.

Terkadang emosi atau semangat yang terlalu besar membuat kita melupakan keterbatasan diri ini, sering kali manusia sebagai mahluk berhawa nafsu dibutakan oleh keinginan-keinginan yang beraneka ragam dalam satu rentang waktu tertentu. Ada orang yang ingin berkuliah sambil ber full time job ria, ada yang mengambil 2 kuliah untuk jurusan yang berbeda di tempat yang berbeda pada waktu yang bersamaan.

Semangat atau gairah ataupun keinginan memang diperlukan dalam meraih tujuan-tujuan hidup, tanpa keinginan dan gairah untuk belajar tentunya tidak akan ada lampu pijar ataupun energi listrik, tanpa keinginan untuk berlatih tentunya tidak akan ada “free kick that came from David Beckham Right foot”. Semua keinginan dan gairah dalam diri manusia lah yang akhrinya mendorong mereka untuk melakukan sesuatu sesuai keinginan mereka.

Tetapi ada kalanya semangat yang berlebihan membuat kita ingin melakukan dua hal secara bersamaan sehingga melupakan keterbatasan diri dan menghasilkan suatu hasil kerja yang tidak maksimal. Mungkin ada baiknya jika kita lebih berkonsentrasi pada satu hal sampai persoalan itu selesai lalu kemudian kembali mengalihkan perhatian pada tujuan berikutnya, bukankah David Beckham juga tidak bisa melakukan tendangan bebas dengan dua kaki sekaligus.

No comments: