February 5, 2012

Memang Begitu

Di sini, di negara saya, walau sebetulnya bukan punya saya sendiri, tapi lebih aneh kalau saya tulis di negara kita, atau negara kami, karena mungkin yang membaca tulisan ini nantinya bukan cuma orang Indonesia, mungkin ada orang malaysia, ada orang singapura, portugis, belanda, atau negara antah berantah, yang banyak sekali diceritakan orang, yang tidak ada di peta, tapi banyak sekali cerita tentangnya.

Jadi di sini nih, di negara yang benderanya warna merah putih, menurut saya orang-orangnya kompak sekali, mungkin memang benar-benar menerapkan prinsip Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi tetap satu jua, prinsip tenggang rasa, teta selira, atau apapunlah. Kalau mau disebut hebat yang boleh juga, tapi kalau mau disebut tidak kreatif ya boleh juga. Ada seorang tokoh masyarakat pernah bilang begini "Bangsa kita itu bangsa bebek, jadi kalau ada satu yang pergi ke selatan, semuanya bakal ikut ke selatan"

Kenyataannya memang begitu, saya ambil contoh saja satu atau dua contoh yang saya rasa cukup, waktu ada pemerkosaan di angkot, perlahan tapi pasti banyak oknum supir dan kernet angkutan kota yang melakukan hal serupa, semacam terinspirasi oleh modus yang disiarkan di televisi, lalu contoh yang kedua kecelakaan di tol cipularang di KM sekian-sekian, entah karena ingin kompak atau tersugesti oleh berita yang ada di TV, perlahan banyak juga yang mengalami kecelakaan seperti itu. Contoh lain, dangdut erotis, lagu melayu, boy band, entah apa lagi nanti.

Saya juga tidak tahu kenapa bisa begitu, toh kenyataannya memang seperti itu.

No comments: