March 6, 2011

Change

"Change is happening whether we aware of it or not"

Saya pernah membaca sebuah artikel tentang bagaimana Eisntein menjelaskan bahwa perubahan terjadi sangat lambat, orang-orang yang sama, ruangan yang sama, angin yang sama, terkadang obrolan yang sama tetapi pada waktu yang jauh berbeda.

Semua memang berubah tanpa terkecuali, teknologi, bahasa, budaya, kebiasaan, orang lain, lingkungan sekitar, bahkan kita sendiri berubah, mungkin tanpa kita sadari. Tapi nyatanya perubahan itu berjalan dengan kecepatan yang sangat lambat. Kamar ini masih sama dengan kamar 3 tahun lalu, keyboard ini masih keyboard qwerty yang sama dengan keyboard 4 atau 5 tahun yang lalu. Gaya menulisnya pun mungkin masih sama.

Ketika saya masih duduk di sekolah dasar, seorang mahasiswa ITB teknik mesin yang saya lupa namanya pernah mengajarkan saya untuk berubah secara perlahan. Perubahan yang terlalu cepat hanya akan menjadi perubahan yang sementara. Seorang yang tidak pernah shalat ada baiknya memulai dengan mencoba belajar shalat wajibnya dulu, tidak perlulah langsung melakukan shalat wajib beserta semua rhawatibnya. Seorang yang tadinya maling ada baiknya berhenti mencuri dulu sebelum berubah menjadi tokoh agama. Intinya berubahlah perlahan. Kalau kata banyak orang Slow but sure..

Perubahan itu pasti, hanya saja arah perubahan itu yang tidak pasti. Tidak penting seberapa sering kita berubah, ke arah mana kita berubah tentunya lebih penting. Kearah yang lebih baik kah? atau sebaliknya?. Saat kamu mengkhawatirkan dunia yang mungkin terlalu sering berubah. Pelajarilah, lalu berubahlah ke arah yang lebih baik perlahan, karena terkadang perubahan itu perlu.

No comments: