June 4, 2010

Antara merdeka dan Lampu Made in Belanda

Menurut guru sejarah saya yang bergaya rambut seperti Adolf Hitler, pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia di wakili oleh seseorang bernama Insinyur Soekarno mendeklarasikan kemerdekaannya. Jadi kata bapak guru saya itu sejak tanggal tersebut Indonesia resmi menjadi negara yang merdeka dan berdaulat. Bbeas dari penjajah yang waktu itu berkisar antara Belanda dan Jepang.

Dari yang saya baca dari Wikipedia seseorang yang merdeka berarti seseorang yang mendapatkan hak untuk mengendalikan dirinya sendiri tanpa campur tangan orang lain dan atau tidak bergantung pada orang lain lagi. Di kamus besar bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka di jelaskan bahwa merdeka adalah tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu.

4 Tahun lalu ketika saya sedang kuliah psikologi Industri, dosen berkumis tebal dan beruban yang menurutnya mirip Goorge Clooney yang pada awalnya lancar menjelaskan tentang teori-teori motivasi dari mulai survival needs sampai self actualization needs tiba-tiba menghentikan semua pembicaraannya. Ternyata lampu OHP yang sedang digunakan tiba-tiba mati.

Lampu OHP tersebut ternyata bermerk Philips made in Belanda, setelah saya perhatikan lampu neon yang menerangi ruangan kelas juga made in Belanda jadi rupanya perkuliahan saya masih bergantung kepada Belanda. Bagaimana jika suatu saat Ratu Belanda melarang pihak Philips untuk menjual lampu OHP ke Indonesia, apakah perkuliahan saya juga ikut berhenti??,

Bagaimana jika suatu saat Pemerintah Denmark menghentikan pasokan Insulin ke Indonesia,? bagaimana jika suatu saat Pemerintah Jepang melarang semua pabrik mobilnya menjual mobil ke Indonesia? Bagaimana jika suatu saat pemerintah China melarang seluruh ekspor ke Indonesia?

Apa yang akan kita gunakan untuk bepergian seandainya tidak ada mobil Jepang, amerika, eropa atau bahkan India dan China di Indonesia? apakah kita akan bepergian dengan menggunakan delman? saya bahkan tidak yakin kita bisa membuat delman!! mungkin kita bisa membuat delman dari kayu hasil hutan Indonesia, dan ban made in Indonesia? Tapi apakah benar gergaji yang kita pakai untuk memotong kayu tersebut itu buatan Indonesia? Apakah benar mesin untuk membuat ban di pabrik yang katanya milik pribumi itu buatan Indonesia?.