October 21, 2011

Dewasa itu apa

Katanya Tua itu pasti, tapi dewasa itu pilihan..

Dulu waktu saya masih kuliah di Setiabudhi, saya pernah menegur teman saya yang selalu bersifat kekanak-kanakan. Tapi dengan santai nya dia menjawab "Jadi dewasa mah membosankan" Seakan mengingatkan akan jawaban teman saya bertahun-tahun lalu, barusan teman saya yang dengan tingkat kepercayaan diri tinggi menamai dirinya hujan menuliskan "Menjadi dewasa itu ngga seru lagi semuanya.."
Lalu terpikirkan oleh saya "Apa esensi dewasa itu?"
Apakah dewasa itu sama dengan berkumis dan berjanggut bagi pria, dan mulai mengenakan penyangga dada bagi wanita?

Apakah dewasa itu dimulai ketika kita mulai mempertanyakan hal-hal menyebalkan seperti "Kenapa nobita dan shizuka tidak pernah berganti pakaian?" "Bagaimana mungkin superman menyembunyikan sayap dibalik kemejanya tanpa membuat orang lain curiga?", "Untuk apa superman memiliki sayap kalo dia bisa terbang tanpa sayap?"

Apakah Dewasa itu ketika kita mulai banyak berfikir tentang kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dari tiap tindakan kita? Apakah dewasa itu ketika kita mulai memasukan batasan-batasan bernama "realitas" kedalam mimpi-mimpi dan harapan kita?


No comments: