January 25, 2011

Perubahan Teknik Industri

Perubahan-perubahan yang terjadi dewasa ini menyebabkan kompleksitas dari permasalah yang dihadapi semakin bertambah. Perubahan-perubahan yang terjadi tersebut membawa dampak yang berarti bagi perubahan disiplin dan profesi teknik industri. Disipilin dan profesi teknik industry semakin meluas seiring dengan perubahan-perubahan yang terjadi dewasa ini.

Profesi teknik industri memiliki kemampuan dalam hal merancang dan mengembangkan konsep-konsep yang berwawasan sistem dengan pendekatan yang bersifat komperhensif-integral. Pola pikir dan pola tindak yang berwawasan sistem inilah yang mungkin menjadi strong basic dari seorang profesional teknik industri dimanapun dia berada atau bekerja. Kemampuan seorang teknik industri melihat masalah secara holistic thinking memungkinkan seorang teknik industri untuk menyelsaikan persoalan-persoalan dengan pendekatan sistem.

Tantangan global yang membawa dampak kearah suasana persaingan yang lebih keras, akan memberikan nuansa perubahan dan pradigma baru yang harus mampu diantisipasi oleh seorang sarjana teknik industri. Menghadapi situasi semacam ini tentu saja diperlukan seorang yang memiliki bekal kuat yang tidak saja menguasai kemampuan-kemampuan teknis operasional (engineering design/processes), tetapi juga harus menguasai dengan baik kemampuan mengenai persoalan manusia (human skill), selain juga kemampuan didalam memformulasikan dan melahirkan konsep-konsep baru yang secara efektif-efisien bisa memberikan terobosan dalam memecahkan permasalahan industri yang semakin kompleks.

1 comment:

zeinhein said...

saya mah lebih setuju anda menulis tentang obrolan dua orang di tukang pulsa.